Mendag Zulkifli Hasan: Target Baru ACAFTA, Perundingan Selesai Pada 2025

INFO NASIONAL – Pertemuan Konsultasi Para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Minister/AEM)-Kanada ke-12 telah mengumumkan target baru untuk menyelesaikan perundingan ASEAN-Canada Free Trade Agreement (ACAFTA) pada tahun 2025. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan hal ini setelah memimpin Pertemuan Konsultasi AEM-Kanada ke-12 pada Minggu 20 Agustus 2023 di Semarang, Jawa Tengah.

Delegasi Kanada dalam pertemuan ini dipimpin oleh Menteri Promosi Ekspor, Perdagangan Internasional, dan Pembangunan Ekonomi Kanada, Mary Ng. Pertemuan ini merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan AEM Ke-55 dan Pertemuan Terkait Lainnya yang diadakan pada 17—22 Agustus 2023.

“Pertemuan AEM-Kanada yang ke-12 berhasil menetapkan target baru, yaitu menyelesaikan perundingan ACAFTA pada tahun 2025 dan memberikan arahan untuk meningkatkan intensitas perundingan,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan bahwa dalam pertemuan konsultasi antara AEM dan Kanada, pembahasan dilakukan mengenai pemulihan ekonomi, khususnya penguatan rantai pasok, ekonomi digital, ketahanan pangan, dan pembangunan berkelanjutan. Pertemuan Konsultasi AEM-Kanada ini juga dipredahului oleh konsultasi antara AEM dan Canada-ASEAN Business Council (CABC). Konsultasi tersebut membahas implementasi proyek kerja sama serta rekomendasi CABC untuk tahun 2023.

Target baru penyelesaian ACAFTA merupakan usulan dari Komite Perundingan Perdagangan (Trade Negotiation Committee/TNC). Sampai saat ini, TNC telah mengadakan lima pertemuan yang terdiri dari empat pertemuan reguler dan satu pertemuan khusus. Pertemuan TNC selanjutnya direncanakan akan diadakan secara fisik pada 25—29 September 2023 di Bali, Indonesia. (*)



Quoted From Many Source

Baca Juga  Kasus Korupsi BTS, Kejaksaan Agung Akan Konfrontir Maqdir Ismail dan Irwan Hermawan soal Uang Rp 27 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *