Menang Hadiah Sepeda Jokowi, Apa Makna Baju Adat yang Dipakai Kaesang?

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep menjadi salah satu peserta upacara yang meraih penghargaan busana terbaik dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI), yang diselenggarakan di Istana Merdeka, DKI Jakarta pada hari Kamis (17/8/2023) pagi ini.

Dalam acara resmi tersebut, ada lima pemenang peserta upacara HUT Kemerdekaan RI dengan kostum terbaik yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo. Dari lima pemenang kostum terbaik tersebut, Kaesang Pangarep yang mengenakan pakaian adat Minahasa asal Sulawesi Utara berhasil meraih posisi keempat.

Suara.com – Erina Gudono, istri Kaesang, menjelaskan filosofi baju adat Minahasa yang dipakai Kaesang dan dirinya saat upacara pengibaran bendera di Istana Merdeka tadi pagi. Erina mengatakan pakaian adat tersebut biasanya dipakai untuk Kawasaran.

“Kawasaran adalah tradisi leluhur Suku Minahasa Sulawesi Utara dan merupakan tarian Ksatria Minahasa yang disebut ‘Waraney’,” ucap Erina dalam unggahannya, Kamis, 17 Agustus 2023.

Baca Juga:Momen Kaesang Pangarep, Erina Gudono Hingga Sri Mulyani Dapat Sepeda Dari Jokowi, Hadiah Menang Lomba 17 Agustus?

Erina menuturkan mulanya Kawasaran dilakukan untuk menjalankan ritual Mahsasau.

“Kawasaran ‘kawak’ yang berarti ‘melindungi’ dan ‘asaran’ yang berarti ‘sama atau berlaku seperti’ artinya, Kawasaran menjadi sama seperti leluhur di masa lalu, menjadi pelindung tanah, pelindung negeri, pelindung kehidupan,” ujarnya.

Adapun bagian dasar baju adalah kayu alam yang diikat dengan kain tenun pampele dan dipadu-padankan dengan kain tenun kaiwu patola. Tata busana dan aksesori dibuat mengacu pada sustainable fashion dan tidak menggunakan materi hewan asli.

Adapun juara prtama dalam pemenangan kostum terbaik peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara hari ini yaitu Raja Amarasi yang menggunakan pakaian adat asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga  Soal Latihan PPKN Kelas 5 SD Pembelajaran 2 Pancasila Kebiasaan Hidupku Kurikulum Merdeka

Di posisi kedua, ada Gretty dengan pakaian adatnya yang berasal dari Bengkulu. Di urutan kedua, warga Banyuwangi asli bernama Kohar juga menjadi pemenang dengan mengenakan pakaian adat asal Banyuwangi.

Baca Juga:6 Potret Baju Adat Terbaik HUT RI ke-78 di Istana: Kaesang Dapat Sepeda, Iriana Curi Perhatian

Sementara itu, di urutan kelima berhasil diduduki oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang berbaju adat Soe dari Timor Tengah Selatan.

Diketahui, seluruh pemenang kostum terbaik ini mendapatkan hadiah dari Istana, yakni masing-masing satu unit sepeda. Hadiah tersebut langsung diberikan setelah acara selesai dilaksanakan.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *