Ketahui 4 Keuntungan Investasi Emas bagi Pemula

TEMPO.CO, Jakarta – Investasi emas telah terbukti sebagai bentuk perlindungan yang andal terhadap fluktuasi nilai mata uang dan pasar saham yang tidak stabil. Selain nilainya yang stabil, ada beberapa keuntungan investasi emas lainnya.

Baik memiliki tujuan jangka pendek maupun jangka panjang atau mengeksplorasi potensi, investasi emas menjadi langkah cerdas membangun pondasi kokoh untuk masa depan keuangan. 

Dengan bantuan teknologi modern, investasi emas kini semakin mudah. Bahkan, Anda bisa menabung emas secara online yang tentunya lebih aman dan bisa dijual kapan saja.

Berikut ini informasi terkait keuntungan investasi emas bagi pemula yang wajib diketahui. 

Keuntungan Investasi Emas

Bagi pemula, investasi emas dapat memberikan beberapa keuntungan signifikan di antaranya:

1. Diversifikasi Portofolio

Salah satu alasan utama mengapa investasi emas sering direkomendasikan bagi pemula adalah kemampuannya untuk mendiversifikasi portofolio. 

Diversifikasi adalah prinsip penting dalam investasi yang mengharuskan untuk menempatkan dana dalam berbagai jenis aset untuk mengurangi risiko. Emas dalam hal ini berfungsi sebagai aset lindung nilai yang berbeda dari saham atau obligasi.

Ketika krisis ekonomi melanda atau pasar saham mengalami fluktuasi tajam, nilai emas cenderung meningkat. 

Oleh karena itu, memiliki sebagian investasi dalam bentuk emas dapat membantu melindungi portofolio dari kerugian besar. 

Pemula yang belum memiliki banyak pengalaman dalam menghadapi pasar yang bergejolak dapat merasa lebih percaya diri dengan adanya aset emas dalam portofolio mereka.

2. Nilai Stabil

Emas telah dikenal sebagai simbol kekayaan dan stabilitas selama berabad-abad. Nilai emas cenderung bertahan dari waktu ke waktu, bahkan dalam menghadapi fluktuasi ekonomi yang serius sekalipun. Ini berarti bahwa investasi emas tidak hanya memberikan potensi keuntungan, tetapi juga dapat berfungsi sebagai bentuk perlindungan terhadap inflasi.

Baca Juga  Segera Dipinjamkan? Elkan Baggott Tak Masuk dalam Skuad Ipswich Town di Laga Sky Bet Championship

Bagi pemula yang mungkin belum terlalu familiar dengan dinamika pasar dan ekonomi global, investasi emas bisa menjadi pilihan yang aman. 

Iklan

Seiring berjalannya waktu, emas memiliki kecenderungan untuk mengalami apresiasi nilai yang konsisten, membuatnya menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin membangun kekayaan dalam jangka panjang.

3. Likuiditas yang Tinggi

Investasi emas juga memiliki keuntungan dalam hal likuiditas yang tinggi. Ditambah lagi, investasi ini dapat dengan mudah menjual emas di pasar dan mendapatkan dana dalam waktu relatif singkat. 

Hal ini berbeda dengan beberapa jenis investasi lainnya, seperti properti. Investasi properti melibatkan proses yang lebih panjang, seperti pemeriksaan legalitas, persiapan dokumen, perundingan harga, dan lain-lain. 

Semua tahap ini dapat memerlukan waktu berbulan-bulan atau lebih tergantung pada kompleksitas transaksi dan regulasi di daerah tersebut.

Likuiditas yang tinggi membuat investasi emas cocok bagi pemula yang ingin memiliki kendali lebih besar atas aset mereka. 

Jika ada kebutuhan mendesak atau peluang investasi lain muncul, kita dapat dengan cepat mengakses dana dari investasi emas.

4. Strategi untuk Mengoptimalkan Investasi

Untuk pemula yang ingin mengoptimalkan investasi emas mereka, ada beberapa strategi yang dapat dipertimbangkan. 

Pertama, lakukan riset menyeluruh tentang pasar emas dan tren harga terkini. Memahami faktor-faktor yang memengaruhi harga emas dapat membantu untuk membuat keputusan investasi yang lebih cerdas.

Selanjutnya, pertimbangkan untuk berinvestasi secara berkala daripada sekali saja. Dengan melakukan investasi rutin dalam jangka waktu tertentu, hal itu dapat memanfaatkan fluktuasi harga untuk membeli emas dengan harga yang lebih menguntungkan.

Terakhir, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan profesional keuangan atau ahli investasi. Mereka dapat memberikan panduan yang berharga berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam mengelola investasi emas.

Baca Juga  Erick Thohir Minta Pelatih Timnas U-17 Indonesia Sudah Punya Tim Final untuk Piala Dunia U-17 Akhir Agustus

KAYLA NAJMI IHSANI (MAGANG SEO)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *