Jokowi Siapkan Anggaran Infrastruktur Rp 422,7 Triliun dalam RAPBN 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengumumkan alokasi dana infrastruktur dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara atau RAPBN 2024. Jokowi menyebutkan anggaran infrastruktur tahun depan dialokasikan sebesar Rp 422,7 triliun.

“Untuk mendorong produktivitas, mobilitas dan konektivitas, serta pemerataan yang berkeadilan,” kata Jokowi dalam Sidang Paripurna DPR RI tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) beserta Nota Keuangan di Gedung DPR RI, Rabu, 16 Agustus 2023.  

Jokowi mengatakan anggaran infrastruktur ini diarahkan untuk penguatan penyediaan pelayanan dasar serta peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas. Selain itu, juga untuk peningkatan jaringan irigasi melalui pembangunan bendungan, saluran irigasi primer, sekunder, dan tersier.

Anggaran tahun depan juga disalurkan untuk penyediaan infrastruktur di bidang energi dan pangan. Jokowi menekankan keduanya harus terjangkau, andal, dan berkelanjutan. Pembangunan infrastruktur juga ditujukan untuk pemerataan akses teknologi informasi dan komunikasi. 

Iklan

Pembangunan infrastruktur tahun depan, kata Jokowi, juga berfokus untuk mendukung proyek-proyek strategis, termasuk pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.  Jokowi berujar akselerasi pembangunan infrastruktur ditempuh dengan bauran skema pendanaan. 

Pembangunan dilakukan melalui sinergi pembiayaan investasi dan belanja kementerian dan lembaga, serta meningkatkan peran swasta. Untuk itu, Jokowi menyatakan pemerintah akan terus mendorong pengembangan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha. Skema ini akan didorong agar lebih masif dan berkelanjutan.

Pilihan Editor: Gaji PNS hingga Polri Naik, Kapolri Sebut Perbedaan dengan Negara Gagal: RI Justru Belanjanya Meningkat



Quoted From Many Source

Baca Juga  DJ Verny Hasan Minta Tes DNA Ulang kepada Denny Sumargo, Beri Pesan Mengejutkan: Gantian Dong Rumah Sakitnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *