Ini Momen Penganugerahan Kehormatan Bintang Adipradana Jokowi untuk Ibu Iriana, Apa Maknanya?

Presiden RI, Joko Widodo telah memberikan tanda kehormatan kepada 18 tokoh yang dianggap memiliki jasa besar terhadap perkembangan Indonesia. Acara Pemberian Tanda Kehormatan Bintang RI oleh Presiden itu digelar pada Senin (14/8/2023).

Uniknya, yang menjadi perhatian warganet adalah momen penganugerahan tanda kehormatan Presiden Jokowi kepada istrinya, Iriana Jokowi yang termasuk dalam daftar 18 orang paling berjasa tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Negara itu mendapatkan penghargaan Bintang RI Adipradana. Lantas, apa sebenarnya makna dari anugerah Bintang Pradana yang diberikan orang nomor satu di Indonesia itu kepada sang istri?

Apa Makna Anugerah Bintang RI Adipradana

Baca Juga:Jakarta Bakal jadi Kota Ekonomi Global, Pemprov DKI Minta BUMD Tak Cuma Fokus Cari Untung

Bintang Republik Indonesia Adipradana adalah tanda kehormatan Bintang Republik Indonesia kelas II. 

Anugerah ini diberikan kepada orang terpilih, seperti Ibu Iriana, untuk menghargai mereka yang telah menjaga keutuhan dan berjasa besar pada NKRI. Di antaranya adalah di bidang politik, pemerintahan, hukum, pendidikan, budaya, militer, dan ekonomi.

Seperti diketahui, pengabdian seorang bangsawan tidak hanya dinilai dari jabatan belaka, melainkan dari pengorbanan untuk memajukan Indonesia. 

Selain Ibu Iriana, seseorang yang secara otomatis akan mendapatkan tanda kehormatan ini adalah Wakil Presiden Indonesia.

Setelah tahun 1972, bintang kehormatan ini diberikan dalam bentuk selempang berwarna kuning emas dengan tanda bintang di bagian tengah yang dikepung 12 butir melatih emas.

Baca Juga:6 Ide Lomba 17 Agustus Unik untuk Meriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia

Selain itu, penerima penghargaan nini juga akan memperoleh patra berupa miniatur dan penghargaan. Setidaknya, telah ada lebih dari 50 orang yang telah mendapatkan anugerah ini.

Baca Juga  Pheu Thai Umumkan Aliansi 11 Partai untuk Membentuk Pemerintahan Thailand

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *