Cek Fakta: Update Stadion Piala Dunia U-17! Mulai Direnovasi, FIFA Datangkan Ahli Rumput Eropa Demi JIS?

Suara Denpasar – Perhelatan Piala Dunia U-17 kian dekat, PSSI pun terus berbenah termasuk melakukan renovasi pada stadion-stadion yang digunakan sebagai venue. Salah satunya Jakarta International Stadium (JIS).

Dikabarkan JIS yang digadang-gadang akan menjadi venue pembukaan Piala Dunia U-17 ini mulai menjalani renovasi. Tak main-main, bahkan FIFA mendatangkan ahli rumput dari Eropa demi membuat JIS layak digunakan untuk piala Dunia U-17.

Kabar update mengenai renovasi JIS tersebut diunggah oleh akun YouTube Mata Proyek pada Minggu (6/8/2023).

“MULAI DIRENOVASI! FIFA DATANGKAN AHLI RUMPUT EROPA DEMI JIS,PIALA DUNIA U17,UPDATE STADION JIS,” begitu judul yang tertera pada unggahan tersebut.

Baca Juga:Singgung Polemik JIS, Mantan Kapten Timnas Indonesia Bambang Pamungkas Usulkan Nama JIS Sebaiknya Diganti

Video berdurasi 4 menit 26 detik tersebut ramai dan telah ditonton lebih dari 5,9 ribu kali oleh pengguna YouTube sejak pertama kali diunggah.

Lantas benarkah informasi pada konten tersebut?

CEK FAKTA

Setelah dilakukan penelusuran pada video, rupanya video tersebut hanya membahas mengenai rencana-rencana pemerintah melalui Menteri PUPR terkait renovasi Jakarta Internasional Stadium.

Disebutkan dalam video Menteri PUPR masih harus berkoordinasi dengan lintas sector termasuk PSSI dan menanti keputusan dari FIFA terkait penggunaan JIS untuk Piala Dunia atau tidak.

Baca Juga:Jakarta International Stadium Belum Pasti Digunakan untuk Piala Dunia U-17, Menteri PUPR Sebut Bakal Bangun Akses JPO JIS Ancol

Hal ini dikarenakan jika JIS tidak digunakan untuk venue Piala Dunia maka renovasi JIS tidak akan dilakukan. Namun, kementerian PUPR hanya akan membangun akses penyeberangan alias jembatan penyeberangan orang (JPO) JIS menuju kawasan Ancol.

Sementara itu, melansir dari laman antaranews.com FIFA akan kembali ke Indonesia pada 26 Agustus mendatang, dengan membawa tim ahli rumput dari Australia bukan Eropa seperti yang tertera pada judul konten.

Baca Juga  Curhat ke Baim Wong dan Nikita Mirzani, Arya Saloka Akui Sudah Duda Pantas Saja Putri Anne Makin Barbar, Benarkah?

Hal ini dikarenakan dari hasil inspeksi FIFA di 4 stadion pada beberapa pekan lalu, FIFA meminta PSSI untuk fokus pada fasilitas venue, termasuk kondisi rumput.

KESIMPULAN

Dengan demikian dapat disimpulkan konten pada video tersebut masuk pada kategori hoax false connection. Karena judul dan isi yang disampaikan tidak relevan. (*/Ana AP)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *