2 Penyakit Paling Berbahaya Ketika Polusi Udara Semakin Memburuk

Poptren.suara.com – Salah satu penyakit yang paling menakutkan saat polusi udara yang membahayakan adalah Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).

Secara deskripsi PPOK adalah kondisi medis yang melibatkan penyempitan saluran pernapasan dan peradangan yang kronis pada paru-paru. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap zat-zat berbahaya, terutama asap rokok.

PPOK umumnya merupakan penyakit progresif, yang artinya gejalanya bakala memburuk seiring berjalannya waktu.

Secara medis, PPOK mencakup dua penyakit utama, yaitu emfisema dan bronkitis kronis. Kedua penyakit ini memiliki karakteristik yang berbeda, tetapi seringkali terjadi bersamaan dalam PPOK.

Baca Juga:Gawat! Presiden Jokowi Sudah 4 Minggu Batuk-Batuk Gegara Polusi Udara Jakarta

Berikut penjelasan dua penyakit tersebut:

Emfisema

Ini terjadi ketika dinding-dinding alveoli (kantong udara kecil dalam paru-paru) mengalami kerusakan dan kehilangan elastisitas. Akibatnya, permukaan yang digunakan untuk pertukaran udara dengan darah menjadi berkurang, menyebabkan penderita mengalami kesulitan bernapas.

Bronkitis Kronis

Ini adalah peradangan pada saluran udara utama (bronkus) yang menghasilkan lendir berlebih. Hal ini dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan menghambat aliran udara keluar-masuk paru-paru.

Baca Juga:Terus Memburuk !! Kondisi Udara Jakarta Hari Ini, IQ Air di Angka 162

Gejala PPOK bisa bervariasi, tetapi gejala umumnya meliputi batuk yang berlangsung lama, produksi lendir yang berlebih, sesak napas, dan kelelahan.

Meskipun PPOK tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, perawatan dapat membantu mengurangi gejala dan memperlambat perkembangan penyakit.

Langkah-langkah perawatan meliputi penghentian paparan zat-zat berbahaya seperti asap rokok, penggunaan obat-obatan bronkodilator untuk membantu melebarkan saluran udara, serta program rehabilitasi paru yang melibatkan latihan fisik dan edukasi tentang pengelolaan penyakit.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Ngeri! Shin Tae-yong Pastikan Timnas Indonesia U-23 Main Serius, Pelatih Malaysia Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *