Sistem Pengambilan Keputusan dalam Kehidupan Sehari-hari

Nama Penulis : Muhammad Thoriqul Hafidz (201011400226)
Nur Ayu Apriyanti (201011400700)
Marcellino Jonathan Bulegalangi (201011400512)

Abstrak
Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan komoditas yang sangat vital. BBM punya peran penting untuk menggerakkan perekonomian. BBM mengambil peran di hampir semua aktivitas ekonomi di Indonesia. Kebutuhan BBM membumbung tinggi seiring dengan pertumbuhan industri, transportasi, dan kenaikan jumlah kendaraan bermotor yang beredar. Bahkan pada tahun 2008, Indonesia keluar dari OPEC, organisasi eksportir minyak dunia karena Indonesia harus mengimpor minyak untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang semakin meningkat (Rivani, 2014).

Peran Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat penting dalam kehidupan masyarakat. BBM merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Desa maupun Kota baik sebagai rumah tangga maupun sebagai pengusaha, demikian juga BBM sangat penting bagi sektor industri maupun transportasi. Kondisi tersebut dapat tercermin dari peranan BBM sebagai faktor penting dalam menentukan perubahan harga-harga bahan pokok atau inflasi (ESDM, 2012).

Peran Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat penting dalam kehidupan masyarakat. BBM merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Desa maupun Kota baik sebagai rumah tangga maupun sebagai pengusaha, demikian juga BBM sangat penting bagi sektor industri maupun transportasi.

Apa yang Dimaksud dengan Decision Support System atau DSS?
Decision Support System  (DSS) atau Sistem Penunjang Keputusan adalah sebuah sistem informasi yang memiliki basis komputerisasi. Sistem tersebut merupakan bagian sistem manajemen pengetahuan dan berperan untuk mendukung aktivitas pengambilan keputusan pada sebuah perusahaan atau organisasi  yang berguna untuk mendukung proses analisis Ad Hoc terhadap data, model sebuah keputusan, orientasi terhadap perencanaan di waktu mendatang, dan juga berorientasikan kepada sebuah keputusan.

Secara umum, DSS adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan baik kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah semi terstruktur. Secara khusus, DSS adalah sebuah sistem yang mendukung kerja seorang manajer maupun sekelompok manajer dalam memecahkan masalah semi-terstruktur dengan cara memberikan informasi ataupun usulan menuju pada keputusan tertentu.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. SPK bertujuan untuk menyediakan informasi, membimbing, memberikan prediksi serta mengarahkan kepada pengguna informasi agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan lebih baik.

Namun SPK ini tanpa kita sadari telah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari setelah di perhatikan bahwa manusia dihadapkan pada banyak berbagai macam sebuah pilihan. jika kita mempunyai pilihan dan memilih salah satu dari pilihan tersebut secara tidak langsung atau tidak disadari kita telah melakukan SPK atau Sistem Penunjang Keputusan.

sebagai contoh yang paling sederhana adalah jika kita ingin membeli  dbensin dihadapkan pada 3 pilihan yaitu pertamina,BP Indonesia dan shell diharuskan untuk hanya membeli salah satu dari ketiga perusahaan tersebut dari berbagai aspek/segi sehingga anda bisa memutuskan untuk membeli hanya salah satu dari ketiga bensin tersebut.

Dari suatu pengalaman akhir-akhir ini saya melakukan pecobaan dari ketiga perusahaan tersebut awalnya memang motor yang dipakai menggunakan bensin pertamax dari pertamina.

Baca Juga  Pengenalan Games Interaktif sebagai Media Pembelajaran Siswa MI Muhammadiyah Junjung Kabupaten Tulungagung

Pemanfaatan teknologi informasi dalam hal ini sistem pendukung keputusan menjadi strategis karena dimanfaatkan tidak hanya untuk operasional perusahaan tetapi juga untuk memenangkan persaingan. Penggunaan Decision Support System (DSS) dalam suatu perusahaan menjadi penting karena kemampuannya membantu manajemen dalam proses pembuatan keputusan ekonomi. Dari suatu pengalaman akhir-akhir ini saya melakukan pecobaan dari ketiga perusahaan tersebut awalnya memang motor yang dipakai menggunakan bensin pertamax dari pertamina.

Komponen sistem pendukung keputusan

DSS tipikal terdiri dari tiga bagian berbeda: basis data pengetahuan, perangkat lunak, dan antarmuka pengguna

Basis pengetahuan. Basis pengetahuan merupakan bagian integral dari database sistem pendukung keputusan , yang berisi informasi baik dari sumber internal maupun eksternal. Ini adalah perpustakaan informasi yang berkaitan dengan subjek tertentu dan merupakan bagian dari DSS yang menyimpan informasi yang digunakan oleh mesin penalaran sistem untuk menentukan suatu tindakan.

Sistem perangkat lunak. Sistem perangkat lunak terdiri dari sistem manajemen model. Model adalah simulasi sistem dunia nyata dengan tujuan memahami cara kerja sistem dan cara memperbaikinya. Organisasi menggunakan model untuk memprediksi bagaimana hasil akan berubah dengan penyesuaian yang berbeda pada sistem.

Misalnya, model dapat berguna untuk memahami sistem yang terlalu rumit, terlalu mahal, atau terlalu berbahaya untuk dieksplorasi sepenuhnya dalam kehidupan nyata. Itulah ide di balik simulasi komputer yang digunakan untuk penelitian ilmiah, uji teknik, prakiraan cuaca, dan banyak aplikasi lainnya.

Model juga dapat digunakan untuk mewakili dan mengeksplorasi sistem yang belum ada, seperti usulan teknologi baru, rencana pabrik, atau rantai pasokan bisnis . Bisnis juga menggunakan model untuk memprediksi hasil dari berbagai perubahan pada suatu sistem — seperti kebijakan, risiko, dan peraturan — untuk membantu mengambil keputusan bisnis.

Antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna memungkinkan navigasi sistem yang mudah. Tujuan utama dari antarmuka pengguna sistem pendukung keputusan adalah untuk memudahkan pengguna dalam memanipulasi data yang tersimpan di dalamnya. Bisnis dapat menggunakan antarmuka untuk mengevaluasi efektivitas transaksi DSS bagi pengguna akhir. Antarmuka DSS mencakup jendela sederhana, antarmuka berbasis menu yang kompleks, dan antarmuka baris perintah.

Peranan Decision Support System (DSS) Bagi Bagi Kehidupan sehari-hari
Meskipun Sistem Pendukung Keputusan (DSS) awalnya dirancang untuk penggunaan di bisnis dan konteks profesional, beberapa elemen DSS telah menyusup ke kehidupan sehari-hari kita melalui berbagai aplikasi teknologi. Berikut adalah beberapa peran DSS dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Penggunaan Aplikasi Peramalan Cuaca: Aplikasi cuaca yang umum digunakan oleh orang-orang sehari-hari seperti Weather.com atau aplikasi cuaca ponsel cerdas menggunakan teknologi DSS untuk meramalkan cuaca. Ini membantu kita merencanakan aktivitas luar ruangan dan mempersiapkan diri untuk cuaca yang akan datang.
  2. Navigasi dan Peta Digital: Aplikasi navigasi dan peta digital, seperti Google Maps, Waze, atau GPS, menggabungkan data lalu lintas, data peta, dan informasi real-time untuk memberikan arahan navigasi yang terbaik. Ini membantu pengemudi dan pejalan kaki merencanakan rute perjalanan dan menghindari kemacetan.
  3. Rekomendasi Konten Digital: Layanan seperti Netflix, Amazon, atau Spotify menggunakan DSS untuk memberikan rekomendasi konten kepada pengguna berdasarkan sejarah penelusuran dan preferensi mereka. DSS ini membantu pengguna menemukan film, musik, dan produk yang mungkin mereka nikmati.
  4. Aplikasi Keuangan Pribadi: Aplikasi keuangan pribadi seperti Mint atau Quicken menggunakan DSS untuk melacak pengeluaran, mengatur anggaran, dan memberikan wawasan keuangan pribadi kepada pengguna. Ini membantu individu mengelola keuangan mereka dengan lebih baik.
  5. Pemesanan Perjalanan dan Akomodasi: Aplikasi pemesanan perjalanan seperti Expedia atau Airbnb menggunakan DSS untuk menampilkan opsi perjalanan dan akomodasi yang sesuai dengan preferensi pengguna. DSS ini membantu dalam merencanakan perjalanan dan menghemat waktu.
  6. **Pelayanan Kesehatan: **Aplikasi kesehatan dan perawatan kesehatan menggunakan DSS untuk memberikan informasi tentang penyakit, perawatan, dan saran kesehatan kepada individu. Ini juga membantu dalam mengelola data kesehatan pribadi dan memantau kondisi medis.
  7. Sistem Peringatan Dini Bencana: Dalam situasi bencana alam, sistem peringatan dini seperti peringatan tsunami atau peringatan badai menggunakan DSS untuk memonitor dan meramalkan perubahan cuaca atau gejala bencana. Ini memberikan informasi yang sangat penting kepada masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan.
  8. Aplikasi Olahraga dan Kebugaran: Aplikasi olahraga dan kebugaran seperti Fitbit atau Strava menggunakan DSS untuk melacak aktivitas fisik, memberikan analisis kesehatan, dan menyarankan latihan berdasarkan data yang dikumpulkan.
Baca Juga  Wabup Syahban Memimpin Upacara Peringatan Hari Otoda Bersama Ratusan ASN Pangkep

Secara keseluruhan, DSS telah menyatu dengan banyak aspek kehidupan sehari-hari kita melalui berbagai aplikasi dan layanan. Mereka membantu kita membuat keputusan yang lebih baik, merencanakan aktivitas, dan mengakses informasi yang relevan dalam berbagai domain seperti cuaca, perjalanan, hiburan, keuangan, kesehatan, dan banyak lagi.

KESIMPULAN
Peran Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat penting dalam kehidupan masyarakat. BBM merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Desa maupun Kota baik sebagai rumah tangga maupun sebagai pengusaha, demikian juga BBM sangat penting bagi sektor industri maupun transportasi.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur.

SPK bertujuan untuk menyediakan informasi, membimbing, memberikan prediksi serta mengarahkan kepada pengguna informasi agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan lebih baik.

Dan perkembangan Teknologi Informasi telah memungkinkan pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan cermat.

SARAN
Sistem penunjang kebutuhan untuk kehidupan sehari-hari adalah sistem atau cara-cara yang membantu seseorang memenuhi kebutuhan dasar mereka sehari-hari. Ini mencakup berbagai aspek kehidupan, seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Berikut adalah beberapa saran untuk sistem penunjang kebutuhan sehari-hari:

  1. Anggaran Keuangan:
    • Buat anggaran keuangan yang sesuai dengan pendapatan Anda. Pisahkan dana untuk kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, utilitas, dan transportasi.
  1. Pendidikan dan Keterampilan:
    • Teruslah belajar dan mengembangkan keterampilan. Pendidikan dan keterampilan yang baik dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki situasi dan kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, sistem penunjang kebutuhan sehari-hari Anda mungkin akan unik. Hal terpenting adalah memiliki perencanaan dan struktur yang membantu Anda memenuhi kebutuhan dasar Anda dan merencanakan masa depan yang lebih baik.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *