Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Indomaret

JurnalPost.com – Di era globalisasi saat ini, perkembangan dan persaingan industri berlangsung secara ketat. Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor penting dalam pekembangan Perusahaan oleh karena itu Perusahaan harus memperhatikan proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Salah satu faktor pembeda yang dimiliki perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya adalah prestasi dari tenaga kerja perusahaan. Ketika sumber daya manusia dikelola dengan baik, kegiatan dalam perusahaan seperti penggunaan sumber daya alam dan modal, proses produksi dan kegiatan-kegiatan perusahaan dapat berjalan sesuai efektif dan efisien. Hal tersebut dapat membantu perusahaan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan dari perusahaan.

Rekrutmen adalah proses mengahasilkan suatu kelompok pelamar yang memenuhi syarat untuk pekerjaan-pekerjaan organisasional (Mathis & Jackson, 2006). Rekrutmen merupakan langkah awal yang dilakukan perusahaan untuk menarik dan mencari sumber daya manusia yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Rekrutmen pada dasarnya merupakan usaha untuk mengisi jabatan atau pekerjaan yang kosong di lingkungan suatu organisasi atau perusahaan.

Tahapan selanjutnya dari rekrutmen adalah seleksi. Seleksi adalah proses pemilihan orang-orang yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan pekerjaan pada organisasi (Mathis & Jackson, 2006). Pada proses seleksi, manajemen sumber daya manusia berperan untuk menentukan dan memilih sumber daya manusia yang ada serta menempatkan sumber daya manusia tersebut pada posisi yang tepat. Dengan demikian, kemampuan dan kualitas individu dapat lebih cepat berkembang dikarenakan tiap individu bekerja sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki. Proses seleksi sumber daya manusia merupakan serangkaian langkah kegiatan yang dilaksanakan untuk memutuskan apakah seseorang pelamar diterima atau ditolak, dalam suatu instansi tertentu setelah menjalani serangkaian tes yang dilaksanakan (Sunyoto,2012).

Baca Juga  Penderitaan Kak Jek Dalam Film Ngidam Jakarta Film Week 2023

PT Indomarco Prismatama beroperasi sebagai indomaret (Indonesia Market Retail) adalah salah satu anak perusahaan Salim Group yang berdiri sejak 1988. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas area penjualan kurang dari 200 m2. Toko pertama dengan nama Indomaret dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 20 Juni 1988, dikelola oleh PT Indomarco Prismatama. Pada tahun 1997, perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai. Jumlah gerai hingga tahun 2015 adalah 11.400 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan bulan Agustus 2023, jumlah gerai sebanyak 22.077 gerai. Mitra usaha waralaba ini meliputi koperasi, badan usaha dan perorangan. Indomaret tersebar dari Sumatera, Batam, Madura, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Dengan motto perusahaan adalah Mudah dan Hemat. Untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan bisnis, Indomaret melakukan berbagai cara salah satunya adalah dengan mencari sumber daya manusia yang berkualitas. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mencari karyawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik melalui proses rekrutmen dan seleksi. Berikut ini proses rekrutmrn dan seleksi yang dilakukan Indomaret:

A. PROSES REKRUTMEN
1. Perencanaan Rekrutmen
Dalam proses ini pihak Indomaret melakukan perencanaan posisi karyawan yang dibutuhkan dan menentukan persyaratan pekerjaan

2. Pengumuman lowongan
Menyebarkan lowongan pekerjaan diberbagai saluran seperti situs web resmi, iklan di media sosial atau penempatan Iklan berbagai platfrom.

3. Penerimaan Lamaran
Menerima lamaran calon karyawan melalui portal rekrutmen online ataupun melalui email.

B. PROSES SELEKSI
Berikut ini adalah tahapan yang harus di ikuti ketika mengikuti proses penerimaan karyawan indomaret, antara lain:

Baca Juga  Penggunaan Drones dan IoT dalam Automasi Manajemen Proyek

1. Seleksi CV
Dalam tahap ini, berkas yang ada diberikan akan diseleksi terlebih dahulu oleh pihak yang bersangkutan. Apakah kualifikasi calon pelamar sudah cocok ataupu belum memenuhi persyaratan secara administrasi.

2. Psikotes
Tahapan ini adalah saat calon pelamar harus mengerjakan ujian psikotes dalam waktu tertentu dan bisa di ikuti hanya dalam waktu satu hari saja.

3. Kelompok Diskusi
Kelompok diskusi adalah salah satu tahapan yang harus calon pelamar ikuti sebelum melangkah ke tahapan wawancara. Dalam tahapan ini calon pelamar akan dihadapkan dalam satu permasalahan dan pihak penilai akan memberikan penilaian terhadap bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Dari sinilah akan diketahui apakah calon pelamar layak dijadikan sebagai karyawan indomaret atau tidak.

4. Wawancara
Calon pelamar akan diberikan sejumlah pertanyaan mengenai diri sendiri dan juga mengenai pengetahuan tentang indomaret. Bila sampai disini sudah dinyatakan lolos, artinya peluang untuk diterima semakin terbuka lebar. Karena ini adalah proses seleksi akhir yang sangat menentukan masuk tidaknya calon pelamar kerja di indomaret.

5. Pengumuman dan Surat Penawaran
Calon pelamar akan diumumkan diterima atau tidak dan diberikan penawaran mengenai kontrak kerja dan juga hak dan juga kewajiban sebagai karyawan di indomaret nantinya. Di sini bisa mengetahui apa saja hak yang calan pelamar dapatkan dan juga kewajiban yang harus dilakukan selama menjadi karyawan indomaret.

Proses rekrutmen dan seleksi sangatlah penting bagi suatu organisasi karena dapat menghasilkan karyawan yang berkompetensi dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Oleh:
Salwa Nurmala Sari Siregar
Rahmiati Sitorus
Rini Puspita
Nil Amani
Nelda Saparianti

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *