Pembuatan Bank Sampah Untuk Kegiatan Sedekah Sampah Bersama Karang Taruna Dusun Gunting

JurnalPost.com – Dalam membangun kesadaran lingkungan dan ekonomi berkelanjutan, Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan yang tengah menjalani program KKN dalam bimbingan ibu Prof. Dr. Trianik Widyaningrum, M.Si berkolaborasi bersama karang taruna dusun Gunting untuk mendirikan Bank Sampah.

Kegiatan pembangunan bank sampah didirikan di halaman rumah mba Rida (anggota karang taruna) yang berlokasi di RT 03 Dusun Gunting, Kelurahan Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada Minggu 17 Februari 2024.

Konsep dari bank sampah ini sendiri adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif didalamnya. Sistem ini menampung, memilah dan menyalurkan sampah yang memiliki nilai ekonomi pada pasar, sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampah.

Ketika bank sampah sudah beroperasi, maka peran aktif dari masyarakat dibantu dengan karang taruna sangat dibutuhkan. nantinya mereka tidak hanya sekedar tim mengumpulkan sampah, tetapi juga menjadi tim untuk mengelola sampah tersebut. Dengan demikian, adanya bank sampah tidak hanya membuat lingkungan menjadi bersih tetapi juga memberikan nilai ekonomi serta menjadi peluang bagi masyarakat dan karang taruna untuk terlibat aktif dalam membangun desa Gunting.

Keberhasilan program kerja dari KKN 119 Unit VIII.B.3, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dusun Gunting dalam mengelolah sampah dan masyarakat dapat menjalankan kegiatan pengelolaan bank sampah ini secara rutin dan terus-menerus, karena tugas menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah dan petugas yang bersangkutan melainkan juga menjadi tugas Masyarakat.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Memperkaya Pengalaman Mengajar dengan Metode Tilawati di Lembaga Pendidikan al-Qur'an Wardatul Ishlah Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *