Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Program Studi Pendidikan Geografi FPIPS UPI di Kabupaten Pangandaran

Pemaparan materi Pesisir oleh Drs. Jupri, M.T.

JurnalPost.com – Pada tanggal 11 Agustus 2023, Program Studi Pendidikan Geografi FPIPS UPI telah sukses menyelenggarakan program pengabdian pada masyarakat yang merupakan salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi di SMA Negeri 1 Pangandaran. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Pengayaan Materi dan Model Pembelajaran Geografi pada Kurikulum Merdeka” dengan sasaran kegiatan guru-guru mata Pelajaran Geografi dan IPS di Kabupaten Pangandaran. Mengingat perkembangan teknologi terkait geografi semakin meningkat pesat dan keterbatasan waktu yang dimiliki para guru untuk upgrade kompetensi secara mandiri, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif yang dapat membantu para guru untuk meningkatkan kompetensinya. Kegiatan ini berfokus pada dua aspek penting, yaitu Potensi Kawasan Pesisir Kabupaten Pangandaran dan Penggunaan Teknologi Drone dalam Pembelajaran Geografi.

Peserta berfoto bersama pada pertengahan acara

Pendidikan Geografi memiliki peran vital dalam memberikan pemahaman terhadap peserta didik akan pentingnya lingkungan dan geosistem yang ada di sekitar mereka, termasuk daerah pesisir yang memiliki karakteristik yang khas dan cukup rentan terhadap perubahan iklim dan bencana alam. Dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ekosistem pesisir, para guru Geografi diberikan materi tentang pentingnya menjaga dan merawat pesisir, serta dampak perubahan iklim terhadap daerah ini oleh Drs. Jupri, M.T.

Selain itu, dalam era teknologi modern, penggunaan drone telah menjadi alat yang sangat berguna dalam pemetaan lingkungan. Penggunaan drone dalam bidang Geografi memungkinkan pengambilan data yang lebih akurat dan visual yang dapat digunakan dalam analisis geospasial. Para guru diberikan pelatihan praktis dalam pengoperasian drone, pengambilan gambar udara, dan sekilas tentang pemrosesan data drone oleh Hendro Murtianto, S.Pd., M.Sc.

Praktik menerbangkan drone di halaman SMA Negeri 1 Pangandaran

Dr. Iwan Setiawan, M.Si. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Geografi FPIPS UPI mengungkapkan, “Kami sangat bersyukur dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan guru-guru Geografi di Kabupaten Pangandaran. Pendidikan Geografi harus terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, termasuk pemanfaatan teknologi seperti drone dalam pembelajaran.”

Baca Juga  Mengutuk Tindakan Agresif Israel: PBB Mengecam Penghancuran 212 Sekolah di Gaza

Kegiatan ini mendapatkan tanggapan positif dari para peserta, yang menyatakan bahwa mereka merasa lebih siap dalam mengajar materi-materi Geografi terkini kepada siswa-siswa mereka. Selain itu, mereka juga mengapresiasi upaya dari Program Studi Pendidikan Geografi FPIPS UPI dalam memberikan pelatihan yang bermanfaat. Pengabdian pada masyarakat ini adalah contoh nyata bagaimana perguruan tinggi dapat berperan aktif dalam pengembangan pendidikan di masyarakat. Semoga program serupa dapat terus dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah-daerah lainnya.

Oleh: Tina Nur Faidah, S.Pd.
(Program Studi Pendidikan Geografi FPIPS UPI)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *