Outbound Dengan Pesona Alam Yang Indah Di TSOT

JurnalPost.com – Keindahan suatu alam merupakan salah satu hal yang menarik untuk dilihat, pemandangan yang asri dan sejuk menjadikan pesona tempat itu sendiri. Pesona alam yang indah menjadikan daya tarik sendiri untuk orang menyukainya. Dizaman sekarang sudah banyak sekali tempat wisata yang menjadikan alam sebagai destinasi wisata. Namun, apakah kalian tahu tempat pelatiahan dengan pesona alam yang sangat indah disertai Outbound?

TSOT atau The Survival Outbound Team merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam pelatihan sumber daya alam. Usaha jasa yang bekerja dibidang training dan leadership berlokasi di Jl. Kaliandra, Gamoh, Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. TSOT sendiri sudah berdiri sejak tahun 2004, yang dimana sudah banyak sekali instansi yang berkunjung dari SD, SMP, SMA, Universitas, bahkan Perusahaan. Pada tanggal 7 November 2023, TSOT kedatangan tamu dari IPM Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh anak-anak SMP Muhammadiyah Surabaya, yang dimana kegiatan berlangsung selama 3 hari 2 malam.

Pada hari pertama semua siswa melakukan kegiatan pramuka, dimana ada materi-materi yang berkaitan dengan pramuka. Para trainer di TSOT mengajarkan beberapa kegiatan pramuka, seperti sandi morse dan adanya bimbingan materi dari pembina pramuka. Tidak hanya itu, siswa-siswa IPM Surabya juga menunjukkan kreativitas mereka dengan menampilkan tarian yang mereka buat. Mereka berlomba-lomba menampilkan yang terbaik agar mendapatkan nilai yang tinggi dan tentunya kegiatan tersebut sangat menyenangkan.

Pada hari kedua, siswa melakukan senam dan jalan-jalan pagi kemudian dilanjutkan dengan sarapan. Setelah makan pagi siswa IPM Surabaya melakukan kegiatan selanjutnya, yaitu Outbount relay dan Outbound bersama. Outbound relay merupakan berbagai rangkaian kegiatan yang memiliki banyak sekali permainan yang menyenangkan dan seru, seperti menarik bola dengan beberapa tali. Mereka akan mengiring bola dengan tali sampai garis finish dan bola tidak boleh jatuh, apabila jatuh mereka akan mengulang kembali dari awal. Dari permainan ini mereka diuji kekompakan mereka dalam suatu kelompok, mereka harus saling percaya satu sama lain. Dengan adanya permainan ini, siswa akan mendapatkan nilai yang nantinya bisa menentukan kelompok mereka menang apa tidak.

Baca Juga  Pelajari Aspek Teknologi, PPSDM Migas Gelar Webinar “Penerapan Internet of Things di Industri Migas”

Selanjutnya adalah Outbound bersama, yang dimana kegiatan ini dilakukan dalam jumlah peserta yang cukup banyak. Siswa membuat kreasi-kreasi yang unik dari tongkat pramuka yang nantinya akan dipasangkan banner asal sekolah mereka. Dalam outbount bersama ini siswa diajari berbagai cara mendirikan tongkat pramuka dengan baik dan menarik oleh para trainer. Setelah melakukan outbound relay dan bersama siswa IPM Surabaya diberi waktu istirahat, setelah itu mereka akan mendapatkan materi dari para trainer. Setelah mendapatkan materi, siswa akan mempersiapkan kegiatan untuk inagurasi, malam inagurasi nantinya juga menentukan siapa pemenang dari kegiatan-kegitan yang sebelumnya para siswa lakukan. Di hari ketiga siswa IPM Surabaya hanya melakukan kegiatan senam pagi dan persiapan untuk pulang.

Selama kegiatan berlangsung, saya Tata Rahayu selaku mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang melaksanakan program MBKM magang di TSOT bertanya pada salah satu siswa IPM Surabaya. “saya sudah kedua kalinya kesini memang tempatnya bagus dan nyaman, permainan yang diberikan juga sangat asik-asik”. Ujar salah satu siswa IPM Surabaya. Siswa-siswi dari IPM Surabaya diharapkan bisa mengambil hal-hal positif dari TSOT.

Mendapatkan beberapa respon yang cukup baik dari beberapa pengunjung selama kegiatan berlangsung, diharapkan TSOT bisa mempertahankan dan membangun citra yang lebih baik lagi untuk meningkatkan kepercayaan dari para pengunung. Dan tentunya semakin banyak juga instansi-instansi yang mempercayakan TSOT sebagai tempat pelatihan sumber daya manusia.

Oleh: Tata Rahayu Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Dosen pembimbing: Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana, S.Sos., M.Med.Kom

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *