Mural Tong Sampah Bersama Mahasiswa KKNT MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur di SD Negeri Pabean

Probolinggo, JurnalPost.com – Berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat, berupa zat organik atau anorganik, dan bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai, yang dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang ke lingkungan. Jenis-jenis sampah adalah sampah organik, sampah anorganik, sampah bahan berbahaya dan beracun (B3), sampah kertas, dan sampah residu.

Mahasiswa KKNT MBKM Periode II UPN “Veteran” Jawa Timur yang dibimbing oleh Ibu Dita Megasari, S.P., M.Si. melaksanakan kegiatan mural tong sampah bersama siswa kelas 5A SD Negeri Pabean. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pilah sampah dan meningkatkan kreatifitas siswa. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi jenis-jenis sampah, praktek pilah sampah, dan mural tong sampah.

Menurut Bapak Kohar selaku wali kelas 5A SD Negeri Pabean “Kegiatan mural tong sampah ini merupakan bagian dari edukasi terkait pilah sampah. Siswa secara tidak langsung belajar pilah sampah dengan membuang sampah pada tong sampah sesuai dengan jenis sampahnya”, ujarnya.

Siswa kelas 5A SD Negeri Pabean dibagi menjadi 6 kelompok yang beranggotkan 3 orang siswa. Setiap kelompok diberikan satu tong sampah untuk di mural sesuai dengan jenis sampah. Siswa diberi kebebasan untuk mengembangkan kreatifitasnya.

“Kegiatan mural tong sampah ini sangat menyenangkan” ujar Fendiya, salah satu siswa kelas 5A SD Negeri Pabean,

Tong sampah yang telah di mural ini diserahkan kepada pihak sekolah agar ke depannya bisa dimanfaatkan dan mengajarkan siswa SD Negeri Pabean untuk pilah sampah. Kegiatan pilah sampah ini penting guna mejaga kelestarian lingkungan. Kegiatan ditutup dengan foto bersama dengan wali kelas dan siswa kelas 5A dan penyerahan tong sampah kepada SD Negeri Pabean.

Baca Juga  Menjelajahi Warisan Bumi: SMK YPF Kunjungi Museum Geologi Bandung

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *