Mahasiswa Untag Surabaya Berbagi Pengalaman Magang di Media Radio Sekaligus Televisi

JurnalPost.com – Kerja praktik di lapangan atau biasa disebut dengan magang ini menjadi salah satu kegiatan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa. Melaksanakan magang di satu media saja mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan lumrah. Namun, bagaimana dengan melaksanakan magang di 2 media sekaligus? Media Citra Nusantara (MNC) Group Biro Jawa Timur merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang media di Indonesia telah memberikan pengalaman luar biasa bagi salah satu mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Arvina Nisa Damayanti.

Selama hampir 2 bulan ini saya melaksanakan salah satu tugas wajib saya dalam memenuhi pelaksanaan magang di instansi tertentu. Berdasarkan konsentrasi peminatan yang saya ambil ialah broadcasting, maka melangsungkan magang di instansi media menjadi tujuan utama saya. Instansi magang merupakan hasil dari kehendak dan keinginan saya untuk berkesempatan melakukan magang di salah satu perusahaan media di Surabaya. Selama pelaksanaan magang, saya diarahkan dan diberikan pembekalan oleh Koordinator Magang Ilmu Komunikasi Untag Surabaya, yaitu Ibu Herlina Kusumaningrum, S.Sos., M.A sekaligus Dosen Pembimbing yang membantu serta mengarahkan dalam langkah-langkah pelaksanaan magang ini oleh Ibu Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom., M. Med. Kom sehingga saya dapat melaksanakan magang dengan baik.

Selama kegiatan magang berlangsung, saya ditugaskan pada 2 media konvensional, yaitu televisi dan radio. Satu bulan pertama, saya berada produksi media radio tepatnya di MNC Trijaya Radio Surabaya. Disana saya ditugaskan untuk membuat naskah berita di program Lintas Informasi (Linfo) bagi penyiar, mengisi suara (dubbing / voice over), mengisi Adlips, liputan di lapangan hingga diberi kesempatan berharga untuk siaran langsung di radio MNC Trijaya Radio Surabaya.

Baca Juga  BMH Sumut Gelar Sarasehan dan Silaturrahim Dai Tangguh di Deli Serdang

Perjalanan saya tak hanya sampai disitu saja, masih ada 1 bulan selanjutnya saya dipindah ke departemen produksi pertelevisian dimana MNC TV Media membawa beberapa stasiun televisi di Indonesia, seperti RCTI, MNC, dan iNews. Saat berada di MNC TV Media, saya diposisikan di bagian Asisten Produser (Aspro). Berdasarkan dengan ilmu broadcasting yang telah didapatkan selama saya dapatkan di perkuliahan, maka tak lain dan tak bukan saya ditugaskan beberapa jobdesk yang berkaitan dalam produksi berita di televisi, seperti mengunduh berita yang dikirimkan oleh kontributor setiap daerah di Jawa Timur, membuat dan membantu produser dalam pembuatan naskah berita, men-dubbing (voice over) berita baik hard news maupun soft news hingga bertugas dalam menjalankan prompter untuk dibacakan oleh presenter di studio.

Kesempatan yang diperoleh saya di masa magangnya merupakan hal yang berharga dan tak terlupakan dengan diberikan kepercayaan serta dapat berkontribusi di 2 media sekaligus. Di waktu 2 bulan ini saya mendapatkan berbagai pengalaman menarik dan peluang yang saya dapatkan. Selain itu, magang ini dapat saya jadikan sebagai tempat untuk belajar langsung ke ahli dan tempatnya untuk dia terus berkembang dan meng-upgrade kemampuan broadcasting yang dimilikinya. Tak hanya ilmu Broadcasting saja yang saya dapatkan melainkan ilmu baru lainnya yang saya pelajari, contohnya saja editing.

Selain berkesempatan mencoba magang di 2 media Indonesia, salah satu yang saya syukuri adalah rekan dan pekerja kantor yang sangat baik dan mengayomi para anak magang yang sedang belajar disana. Tidak adanya unsur senioritas, sebaliknya para pekerja dan rekan magang sangat bisa berbaur tanpa adanya jarak dan batasan status serta siap membantu dan menjawab segala pertanyaan dari para anak magang. Melaksanakan magang di MNC Media tidak perlu khawatir dan risau jika nantinya hanya disuruh-suruh oleh pekerja atau senior disana. Pembagian tugas dalam memproduksi berita juga akan ditugaskan kepada para anak magang sesuai dengan divisi yang telah dibagi sesuai kemampuan yang telah diuji sebelumnya.

Baca Juga  Penandatanganan Tax Center Mitra Pajak dengan SMK Jakarta Timur 1

Meskipun di dalam satu naungan perusahaan yang sama, namun dengan media yang berbeda tidak membuat adanya menjaga batasan dan jarak di antara kedua media tersebut. Melainkan hal ini mengakibatkan adanya cara kerja pun yang berbeda antara di televisi maupun radio. Seperti halnya pada hubungan dan relasi yang dijalin oleh para pekerja di televisi dan radio. Namun, hal ini tidak mengakibatkan adanya gap di antara mereka baik pekerja televisi maupun radio. Mereka tetap menjalin hubungan secara kekeluargaan dalam ranah profesional tanpa adanya kompetisi yang saling menjatuhkan media satu dengan media lainnya.

‘Arvina memiliki keunggulan yaitu secara kualitas suara. Sangat bagus untuk membacakan berita-berita yang sifatnya soft news, berita iklan’ ucap Ardhiawan selaku Koordinator Magang di MNC Media Biro Jawa Timur.

‘Arvina cukup memiliki kemampuan lebih untuk dubbing dibandingkan dengan mahasiswa seangkatan yang magang disini’ tambahnya dari Eddy Rianjoyo, seorang Produser MNC Media Biro Jawa Timur.

Penulis: Arvina Nisa Damayanti
Jurusan: Ilmu Komunikasi
Kampus: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *