Latar Belakang Supriyadi Hidayat : Kisah Perjuangan Seniman Berprestasi Bogor

Oleh Fathiya Khoirunisa. Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media.
Sekolah Vokasi IPB University

JurnalPost.com – Supriyadi Hidayat atau lebih dikenal dengan panggilan Uie, merupakan salah satu seniman Kota Bogor. Beliau telah menggeluti dunia seni secara intens dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir dan berhasil meraih banyak penghargaan termasuk rekor MURI. Supriyadi Hidayat lahir di Cilacap, Jawa Tengah pada 23 Desember 1987. Supriyadi Hidayat aktif mengikuti perlombaan seni Lukis dalam berbagai ajang baik Tingkat Kota, Provinsi maupun Nasional.

Supriyadi Hidayat (Uie) merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara. Tidak ada darah seni dalam keluarga Uie namun ia memiliki semangat yang tinggi dalam mengembangkan bakatnya sejak kecil. Terbukti kini Uie memiliki segudang prestasi membanggakan dan membuka studio seninya secara mandiri di Kota Bogor.

Profil Singkat Supriyadi Hidayat
Nama     : Supriyadi Hidayat, dikenal dengan panggilan “Uie” dilingkungan pelukis Lahir : Cilacap, Jawa Tengah pada 23 Desember 1987
Istri        : Indi R. Anjani
Anak    : Javas Hidayat

Pendidikan :
SDN Cipari 01 Cilacap (1994-2000)
SMP PIUS Sidareja (2000-2003)
STM TAMTAMA 2 Sidareja (2003-2006)
Welding BLKPP Jakarta Barat (2008-2009)
Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Teknik Sipil (2012-2017) Agama : Islam
Pekerjaan : Seniman

Kehidupan Awal dan Riwayat Pendidikan
Supriyadi Hidayat lahir dan tumbuh besar di Cilacap, Jawa Tengah. Ia terlahir di keluarga sederhana. Ia merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara. Supriyadi (Uie) mulai mengenyam bangku pendidikan pada umur 7 tahun. Saat itu, Uie bersekolah di SDN Cipari 01 Kabupaten Cilacap. Setelah lulus SD pada tahun 2000, Uie diterima di

SMP PIUS Sidareja Kabupaten Cilacap. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di STM TAMTAMA 2 Sidareja Kabupaten Cilacap. Setelah lulus sekolah menengah atas kejujuran teknik, Uie mulai tertarik menekuni bidang seni lebih dalam namun terhambat biaya sehingga tidak dilanjutkan.

Mengikuti Pendidikan Non Formal di Welding BLKPP Jakarta Barat Kemudian Bekerja
Setelah lulus sekolah, Uie melanjutkan karir dengan mengikuti Pendidikan non formal di Welding BLKPP Jakarta Barat, sebuah lembaga pelatihan bidang Pengelasan logam. Uie mengikuti pelatihan selama hampir 2 tahun (2008-2009). Setelah mendapatkan sertifikasi sebagai welder, Uie bekerja di Welding Migas milik Pemerintah. Ia bekerja untuk memenuhi kebutuhan finansial hingga mulai mapan.

Baca Juga  Penandatanganan Tax Center Mitra Pajak dengan SMK Jakarta Timur 1

Tahun 2012 Uie memutuskan untuk mengambil kelas kuliah selagi bekerja. Ia berkuliah di Universitas Ibnu Khaldun Bogor dengan jurusan Teknik Sipil. Saat itu Uie berpikir jika Teknik Sipil bisa menyalurkan bakat melukisnya dengan potensi pekerjaan yang lebih menjanjikan. Namun ternyata ia lebih berminat pada seni murni bukan teknologi seni yang diterapkan pada konstruksi bangunan.

Rutinitas pekerjaan dan perkuliahan yang monoton membuat Uie merasa bosan dan ingin merasakan kegiatan yang lebih menyenangkan. Akhirnya setelah lulus kuliah dan mendapatkan gelar S.T (Sarjana Teknik), Uie memutuskan untuk keluar dari pekerjaan dan fokus menjadi pelukis yang kemudian bisa menghasilkan uang dari hasil penjualan lukisannya. Setelah berhenti dari pekerjaan fulltime sebagai welder, Uie memiliki banyak waktu luang untuk mengeksplor lebih luas bakatnya di bidang seni.

Menekuni Bidang Seni secara Intensif
Supriyadi Hidayat (Uie) sangat menikmati kehidupannya sebagai seniman. Uie mengikuti berbagai komunitas kesenian untuk memperluas relasi dan wawasannya mengenai seni. Berikut ini beberapa komunitas utama yang aktif ia ikuti sejak tahun 2017 hingga kini :

Ikatan Pelukis Indonesia (IPI)
Bogor Sketcher
Indonesian Drawing Watercolor
Komunitas Lukis Cat Air (Kolcai)

Komunitas tersebut aktif mengadakan pertemuan setiap bulannya dengan mengadakan kegiatan sharing session antar pelukis sehingga Supriyadi (Uie) memiliki relasi yang luas untuk menjangkau pasar seninya. Komunitas seni ini sekaligus menjadi wadah bagi Uie Ketika hendak mengikuti perlombaan di berbagai Tingkat Nasional. Selain perlombaan, Uie juga banyak mengikuti kegiatan pameran lukisan yang diselenggarakan di berbagai kota. Pameran lukisan ini menjadi ajang pengembangan kemampuan Supriyadi (Uie) untuk terus meningkatkan kualitas lukisannya, sebab tidak sembarang lukisan bisa dipamerkan di Kegiatan Pameran Seni.

Baca Juga  Micromine Momentum 2023: "Rock Stars" Dunia Pertambangan dan Gebrakan Teknologi Terbaru

Berikut ini beberapa pengalaman pameran seni rupa yang Supriyadi ikuti selama beberapa tahun terakhir :

Pameran Seni Rupa “The New Dimension Of Art‘’ 2015, di Balai Budaya
Pameran Seni Rupa “Melintas Batas“ 2017, di Balai Budaya
Pameran Lukisan “Distorsi Akhir Pekan #5“ 2019, di Café D-GLOCK
Pameran Lukisan ’’Perjalanan dalam Secangkir Kopi’’ 2021, di Museum tanah Indonesia – Bogor
Pameran Online WAYANG JABAR “ 2021, di Galeri Nasional Indonesia – Jakarta
Pameran Lukisan Watercolor International “AWAKEN” 2021, di Galeri Nasional Indonesia – Jakarta
REKOR MURI 1000 WAJAH 1000 PELUKIS 30 Oktober 2022 TIM – Jakarta
Pameran Seni Rupa “ Catatan Akhir Tahun” 17 des 2022 – 1 jan 2023 di Lippo Plaza Bogor.
Pameran Seni Rupa “DRAWING EKSPERIMENTAL, INDONESIA KINI, 25
TH Peristiwa mei 98‘’ 27 Mei 2023 di Bentara Budaya Jakarta.

Menjadi Seniman Inspiratif Kota Bogor
Menurut Supriyadi (Uie) melukis merupakan salah satu cara untuk mengkomunikasikan suatu pendapat ketika tidak bisa dikeluarkan melalui kata-kata, sehingga melalui lukisan ia bisa menyampaikan pesannya secara lebih maksimal karena lukisan dapat diartikan dari berbagai perspektif.

Saat ini, Uie membuka studio lukisnya sendiri untuk menampung semua hasil lukisan baik untuk kebutuhan komersial maupun lukisan murni untuk pameran seni. Uie seringkali mengadakan kegiatan kelas seni yang dibuka secara terbuka gratis untuk masyarakat yang berminat untuk belajar seni. Kegiatan sharing session ini sangat bermanfaat untuk para seniman baru yang membutuhkan banyak tips dan teknik ketika melukis.

Demikian tulisan biografi tentang “Latar Belakang Supriyadi Hidayat : Kisah Perjuangan Seniman Berprestasi Bogor”, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mengetahui salah satu tokoh seniman inspiratif di Kota Bogor.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *