Kuliner Padang Menyatukan Rakyat Indonesia

JurnalPost.com – Siapa sih yang gak pernah nyobain kuliner Padang? Lantaran, hampir di setiap daerah di Indonesia kita sangat mudah menemukan rumah makan yang menjual masakan Padang, semacam sate Padang, nasi Kapau, apalagi nasi Padang. Salah satu keunikan Masakan Padang adalah penyajian makanannya dalam bentuk “appetizer” atau prasmanan, dimana berbagai hidangan disajikan di atas meja dan pelanggan memilih apa yang ingin disantapnya. Hidangan ini disajikan dengan nasi putih dan berbagai jenis sambal serta sayuran sebagai pelengkapnya.

Dikutip dari documentary: Ice cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso. Meylany Wuwung (public prosecutor) “Kami ini, walaupun sama-sama jaksa, selera makannya berbeda. Tapi kami disatukan dengan makanan Padang.” Dilihat dari kutipan tersebut kuliner Padang dapat menyatukan dari berbagai etnis, suku, ras dan asal daerah yang berbeda-beda.

Makanan Padang sudah tersebar di seluruh Indonesia dan sudah banyak orang dari berbagai daerah yang mencicipi makanan Padang. Hal ini menciptakan kesamaan perasaan dan pengalaman yang dapat menghubungkan masyarakat dari berbagai daerah. Banyak masakan Padang yang sangat lezat, dan rasa pedasnya menjadi salah satu hal yang disukai banyak orang di Indonesia, apapun sukunya. Hal ini dapat menciptakan ikatan antar ras yang berbeda di Indonesia. Masakan Padang juga memiliki nilai simbolis sebagai bagian dari kekayaan kuliner Indonesia, ini adalah salah satu contoh bagaimana keberagaman budaya dan kuliner menjadi bagian integral dari identitas nasional Indonesia. Sebagai salah satu masakan tradisional terpopuler di Indonesia, Kuliner Padang memiliki semangat yang kuat untuk menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang dan menciptakan ikatan sosial melalui kecintaan mereka terhadap makanan. Hal ini menunjukkan bagaimana pangan dapat menjadi faktor yang memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Sejarah Kuliner Padang Mendunia
Sejak abad ke-19, kuliner Padang mendunia berasal dari eksplorasi dan ekspansi para perantau Minangkabau dari Sumatera Barat, Indonesia. Masakan Padang bisa dikatakan sebagai warisan kuliner Indonesia yang mendunia karena kata “Padang Food” sendiri merupakan kata yang sering digunakan di Indonesia maupun di luar negeri untuk  berbagai macam selera kuliner Padang. Setiap Nagari Minangkabau bangga dengan warisan kulinernya. Pasal lainnya adalah adanya perbedaan antar daerah, misalnya antara nasi kapau yang berasal dari Bukittinggi dengan nasi Padang yang asalnya dari Padang. Perantau-perantau dari Minangkabau membawa resep dan tradisi masakan Padang ke berbagai belahan dunia, mereka membawa tradisi kuliner Padang bersama mereka dalam perjalanan mereka. sehingga kuliner Padang menjadi dikenal dan digemari di luar negeri.

Baca Juga  Inovasi Mendidik: Guru Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi dalam Terlibat Aktif Workshop Penelitian Tindakan Kelas

Seiring berjalannya waktu, kuliner Padang  menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang paling terkenal dan digemari di seluruh dunia. Turis yang berkunjung ke Indonesia seringkali ingin merasakan daya Tarik masakan Padang, sementara rumah makan Padang di luar negeri terus menyajikan hidangan yang lezat ini kepada masyarakat lokal dan turis, memperluas pengaruh dan warisan kuliner Padang ke seluruh dunia.

Pengaruh perantau Minangkabau yang berimigrasi ke luar negeri, terutama yang merantau ke negara-negara seperti Malaysia, Belanda, Singapura dan negara-negara Timur tengah. Mereka membuka rumah makan atau restoran Padang dan menyajikan kuliner Padang ke komunitas lokal ataupun pelancong.

Di era sekarang pengaruh sosial media sangatlah berpegaruh, dalam era sosial media gambar dan rekomendasi kuliner Padang tersebar luas ke luar negeri. Gambar dan ulasan tentang hidangan Padang sering diunggah oleh pelanggan dan turis, memperkenalkan kuliner Padang ini kepada publik global dan memicu minat dalam mencoba masakan Padang tersebut. Platform media sosial seperti Instagram, Pinterest, dan TikTok memungkinkan orang untuk membagikan foto dan video makanan dengan mudah dan memudahkan pengguna untuk berbagi foto dan video hidangan secara visual. Ini membantu dalam menciptakan dan memperkenalkan kuliner Padang ke khalayak ramai untuk mencoba hidangan tersebut berdasarkan penampilan visualnya. Foto-foto dan video-video tentang review kuliner Padang yang sering dibuat oleh selebgram bisa mempromosikan tempat makan Padang ataupun kuliner Padang itu sendiri. Pengguna media sosial sering kali memberikan ulasan, rekomendasi, dan penilaian restoran dan makanan yang mereka nikmati ini juga bisa lebih luas memperkenalkan kuliner Padang agar mendunia.

kuliner Padang dikenal dan mendunia karena tradisi memasak yang kaya dengan berbagai rempah-rempah, santan kelapa, dan bumbu-bumbu tradisional yang menciptakan hidangan yang sangat beragam hidangan yang memiliki rasa pedas, gurih, manis, asam, dan berbagai perpaduan bumbu rempah-rempah, hidangan Padang menarik perhatian pecinta kuliner yang mencari pengalaman rasa yang unik.

Baca Juga  Belajar Literasi dan Memupuk Rasa Percaya Diri Anak di LSM KOPA Medan Maimun

Hidangan yang iconic juga menarik perhatian dunia luar tentang perkulineran Padang ini. Beberapa hidangan Padang seperti rendang, sate Padang, gulai, dan dendeng balado, telah menjadi ikonik dalam kuliner Indonesia. Bahkan Gordon Ramsay rela jauh-jauh datang ke Sumatera Barat untuk belajar cara memasak rendang dengan William Wongso dan membuat variasi masakan yaitu merubah rendang menjadi omelette menjadikan perpaduan antara masakan luar negeri dengan masakan Padang.

Dengan itu, kuliner Padang telah berhasil menyebar di seluruh dunia dan mendapatkan popularitas internasional. Ini adalah contoh bagaimana kekayaan rasa, keragaman, dan kualitas kuliner dapat membuatnya mendunia dan menjadi bagian dari warisan kuliner global. inovasi dalam bisnis kuliner dapat membantu makanan khas suatu daerah ini terutama Padang meraih popularitas internasional. Ini juga merupakan bukti bagaimana makanan dapat menjadi alat yang kuat dalam pertukaran budaya dan penyatuan masyarakat di seluruh dunia.

Oleh: Zsa Zsa Tsabita Mizhari Mahasiswi Sastra Jepang Universitas Andalas Padang 2023/2024

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *