Kehidupan Yakuza dalam Film A Family

Oleh Muhammad Thaufan Arifuddin (Dosen Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Andalas)

JurnalPost.com – Film A Family yang rilis tahun 2021 adalah film Jepang yang bercerita tentang kehidupan Yakuza yang semakin terpinggirkan oleh aturan ketat pemerintah Jepang dalam satu dekade terakhir. Saat ini, Yakuza tidak boleh menonjolkan dirinya di ruang publik, berbisnis secara brutal-ilegal dan bahkan tidak boleh menggunakan permandian air panas (Onsen) untuk publik.

Film A Family diterjemahkan dari judul asli Yakuza to Kazoku: The Family. Film ini berdurasi lebih dari dua jam, mengikuti festival film Jepang di Toronto Kanada pada tahun 2021 dan saat ini masih tayang di platform Netflix. Film ini disutradarai oleh Michihito Fujii dan diperankan oleh Go Ayano, Naoyuki Fernandes, Hayato Ichihara, Hayato Isomura dan masih banyak lagi aktor-aktor pendukungnya.

Kenji Yamamoto sebagai tokoh utama dalam film ini diperankan oleh Go Ayano. Ia masih berusia 19 tahun dan hendak diangkat sebagai keluarga oleh salah satu geng Yakuza yang dipimpin oleh Shibasaki karena Kenji telah menyelamatkan nyawa Shibasaki dari kematian di sebuah kedai.

Namun, Kenji menolak untuk bergabung dengan geng Yakuza Shibasaki. Shibasaki pun kemudian menjelaskan kepada Kenji bahwa geng Yakuza Shibasaki tidak berbisnis narkoba. Geng Yakuza menawarkan rasa kekeluargaan dan perlindungan.

Shibasaki pun meminta anak buahnya yang bernama Nakamura untuk menjelaskan watak Yakuza sebenarnya.  Nakamura menjelaskan kepada Kenji bahwa Yakuza sangat menghormati kewajiban dan kehormatan serta berusaha menjadi pria yang sejati. Yakuza adalah keluarga, loyalitas dan harga diri bangsa Jepang.

Karena Kenji akhirnya diselamatkan oleh Geng Yakuza Shibasaki dari geng Yakuza Gumi, maka Kenji pun akhirnya bergabung ke dalam komunitas Yakuza Shibasaki. Selama belasan tahun, Kenji sangat loyal kepada Shibasaki dan menikmati kemewahan sebagai Yakuza. Tentu, Kenji menunjukkan jati diri pria sejati sebagai seorang Yakuza yang loyal kepada Shibasaki.

Baca Juga  Inovasi Terbaru di Dunia Oleh-oleh: Kutastreet Hadirkan Kaos Bali dengan Desain Modern

Alhasil, film yang berlatar belakang kehidupan Yakuza, A Family (2021) ini tidak menghilangkan aura dan dilema Yakuza itu sendiri. Yakuza identik dengan loyalitas, tato-tato di sekujur badan, dan kekayaan dari hasil perebutan lahan bisnis di kota-kota di Jepang. Namun, krisis eksistensi dan identitas akan menimpa eks-Yakuza setelah dipaksa oleh keadaan dan zaman baru untuk menjadi masyarakat biasa. Film ini layak untuk dinikmati.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *