Fenomena Live Streaming di Media Sosial

JurnalPost.com – Saat ini kita berada pada era di mana media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Tidak dapat dipungkiri, kehadiran media sosial telah banyak membawa perubahan bagi kebudayaan masyarakat. Perkembangan teknologi media baru selalu menawarkan inovasi – inovasi baru bagi para penggunanya. Salah satu perkembangan dari media baru yang sangat dekat pengaruhnya dengan masyarakat adalah perkembangan di media sosial.

Media social memiliki berbagai fitur yang berguna bagi pengguna untuk mengekspresikan, mempromosikan atau hanya sekedar menikmatinya. Salah satu fitur yang sering di gunakan adalah live streaming. Fitur live video streaming merupakan inovasi terbaru di media sosial yang berusaha menjawab evolusi di media baru yang saat ini mengarah pada Penyebaran konten/informasi yang dilakukan secara live mengutamakan unsur kecepatan penyampaian informasi, dan real time.

Perkembangan media baru yang mengarah pada going live ini di dukung juga dengan perkembangan sektor telekomunikasi yang membuat kecepatan internet mampu memfasilitasi pendistribusian konten secara live. Dengan fitur live streaming kini para pengguna dapat berinteraksi secara langsung kepada orang lain tanpa harus bertatap muka.

Fitur live streaming juga biasa di manfaatkan dengan kebutuhan untuk mempromosikan barang, bermain game atau hanya sekedar hiburan saja. Live streaming dijadikan sebagai alat promosi, pemasaran dan penjualan karena memang memiliki banyak kelebihan untuk menarik perhatian konsumen. Apa saja kelebihannya? Berikut di antaranya :

1. Live streaming memberikan cara terkonseksi baru
Ini adalah cara terbaru untuk terkoneksi antara brand ke pengguna internet untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Melalui livestreaming ini pengguna bisa langsung bertanya atau memberi masukan ke pihak brand sehingga terjalin hubungan yang baik antara brand dan konsumen.

Baca Juga  Sistem Pengambilan Keputusan dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Live streaming lebih mudah dan hemat biaya
live streaming tidak membutuhkan biaya yang besar karena bisa diakses hanya dengan smartphone , dan tidak membutuhkan alat-alat yang mahal.

3. Menjangkau banyak calon konsumen
Jika sebagian besar calon konsumen Anda merupakan generasi milenial, maka memilih menggunakan live streaming untuk promosi produk Anda sangat tepat. Karena kebanyakan generasi milenial banyak yang menggunakan dan menonton fitur live streaming ini.

Tidak hanya itu saja live streaming juga biasa di gunakan para youtuber untuk bermain game di platform di youtube. Dengan youtuber menggunakan fitur live streaming ini para penikmat konten – konten youtuber tersebut merasa terhibur dan dapat berinteraksi langsung oleh youtuber tersebut.

Berikut beberapa platform media social yang menyediakan fitur live streaming untuk kalian gunakan :

1. Youtube
Sebagai media sosial yang menyediakan layanan video sharing, fitur live video streaming yang dimiliki Youtube sedikit berbeda dengan media social lain. Nama fitur live video streaming Youtube disebut juga dengan ‘Stream Now’ dan ‘Events’ Proses live video streaming di Youtube membutuhkan encoder software agar video dapat masuk ke platform Youtube dan menjadi lebih mudah diakses oleh pengguna lain. Untuk ‘Stream Now’ membutuhkan software encoder khusus, sedangkan ‘Events’ tidak memerlukan encoder software khusus karena proses encode dilakukan dalam pengelola Youtube. Agar dapat diakses oleh siapapun dan dengan perangkat apapun, resolusi video dapat diturunkan.

2. Facebook
Live video streaming di Facebook dapat dilakukan melalui Facebook apps. Cara memulai live video streaming pun tidak sulit, karena langsung dapat dilakukan dengan smartphone. Facebook memberikan pengaturan privacy, sehingga pengguna dapat memilih siapa saja yang bisa melihat live video streaming mereka. Ada batasan waktu yang diberikan dalam setiap live video streaming yang dilakukan, yaitu 4 jam.

Baca Juga  PPSDM Migas Resmikan PPSDM Migas Fitness Center dan Gelar Gelar Komitmen Bersama Penerapan Safety Culture

3. Instagram
Pengaturan live video streaming di Instagram dapat dibilang cukup mudah, karena pengguna hanya perlu menggunakan aplikasi Instagram di smartphone tanpa perlu mendownload aplikasi lainnya. Fitur live video streaming di Instagram digabung dengan fitur Instagram Stories. Instagram tidak memberikan batas waktu dalam setiap live video streaming yang dilakukan, dan setelahnya video live tersebut dapat kita simpan.

4. Twitter
Fitur live video streaming di Twitter hampir serupa dengan Facebook dan Instagram. Fitur ini merupakan hasil kerjasama Twitter dengan Periscope.tv. Setiap live video yang dibuat akan secara otomatis tersimpan dalam database pengguna.

Itulah beberapa platform yang bisa anda gunakan untuk live streaming, platform di atas bisa kalian gunakan untuk berjualan / mempromosikan suatu barang, bermain game atau hanya sekedar untuk mencari hiburan semata yang bertujuan untuk berinteraksi langsung kepada pengguna lainnya.

Penulis: Ananda Wahyu Kan Naafi’u

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *