Efektifitas Media Sosial dalam Membangun Komunikasi Antarsesama

Oleh: Garry Leroy Secunda Neville Siahaan
Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University

JurnalPost.com – Komunikasi adalah sebuah proses pertukaran informasi dan pemahaman antara dua individu atau lebih. Proses pertukaran infromasi ini melibatkan pengirim pesan, penerima pesan, dan saluran komunikasi. Menurut Agus M.Hardjana (2016:15) “Komunikasi adalah kegiatan dimana seseorang menyampaikan pesan melalui media tertentu kepada orang lain dan sesudah menerima pesan kemudian memberikan tanggapan kepada pengirim pesan”. Kita sebagai manusia tentunya tidak bisa lepas dari yang namanya komunikasi, setiap proses di dalam hidup kita memerlukan yang namanya komunikasi untuk bisa bertahan hidup dengan bertukar pesan dengan sesama. Kita berkomunikasi untuk mencapai pemikiran antarsesama, mencapai tujuan bersama, & menyelesaikan masalah.

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi antar individu atau kelompok untuk menyampaikan pesan, gagasan, atau perasaan. Secara umum, komunikasi dapat terjadi melalui berbagai saluran, termasuk lisan, tulisan, visual, atau nonverbal. Pentingnya komunikasi terletak pada kemampuannya menciptakan pemahaman dan kesepakatan antar pemangku kepentingan. Proses ini tidak hanya mencakup transmisi pesan tetapi juga penerimaan dan interpretasi informasi. Dalam konteks interpersonal, komunikasi membantu membangun hubungan yang sehat dan memperkuat ikatan emosional antar manusia.

Pentingnya keterampilan komunikasi tidak terbatas pada tingkat pribadi tetapi juga mencakup bidang profesional dan sosial. Dalam konteks bisnis, komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam berbagai aspek, seperti negosiasi, manajemen tim, dan pemecahan masalah. Lebih lanjut, komunikasi memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar, dimana guru dan siswa saling berinteraksi untuk mencapai pemahaman yang optimal. Di era globalisasi, kemajuan teknologi juga telah mengubah cara komunikasi berlangsung, dengan adanya media sosial dan platform digital yang memungkinkan terjadinya interaksi lintas batas negara secara cepat.

Baca Juga  Khidmatnya Gelaran Sholat Idul Fitri di PPSDM Migas

Namun komunikasi tidak selalu lancar dan sering terjadi kendala. Salah satu tantangan utamanya terletak pada perbedaan persepsi dan penafsiran antar pemangku kepentingan. Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya kejelasan pesan, mendengarkan secara aktif dan empati sangat penting untuk mengatasi hambatan tersebut. Dengan memahami makna komunikasi secara menyeluruh, seseorang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, mempererat hubungan antarpribadi, dan mencapai tujuan dengan lebih efektif.

Media sosial adalah platform online yang memungkinkan individu atau kelompok berinteraksi, berbagi informasi, dan terhubung secara elektronik. Platform jenis ini mencakup berbagai layanan seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn dan lain-lain. Pengguna media sosial dapat membuat profil pribadi, memposting konten, dan terlibat dalam berbagai aktivitas online, seperti berkomentar, menyukai, atau berbagi. Media sosial menciptakan ruang virtual tempat orang dapat berkomunikasi, terhubung, dan berkolaborasi dalam skala global.

Media sosial berperan penting dalam memfasilitasi komunikasi antar individu dan menyediakan saluran untuk berbagi informasi. Melalui jejaring sosial, individu dapat dengan mudah berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan koleganya tanpa dibatasi oleh batas geografis. Selain itu, jejaring sosial merupakan cara untuk mendapatkan informasi terkini, memantau tren, dan mengikuti berita terkini. Melalui platform ini, pengguna dapat mengakses berbagai konten seperti artikel, video, dan gambar yang dapat memberikan pengalaman berbagi yang lebih kaya.

Meski media sosial membawa banyak manfaat, namun penggunanya juga harus mewaspadai dampak negatifnya. Misalnya saja penyebaran misinformasi, ancaman terhadap privasi, dan risiko kecanduan digital. Oleh karena itu, penting bagi pengguna media sosial untuk menggunakan platform ini dengan bijak, membatasi waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi online, dan mewaspadai dampaknya terhadap kesehatan mental dan sosial. Dengan pemahaman yang menyeluruh, media sosial dapat menjadi alat yang berguna untuk menjalin dan memelihara hubungan sosial serta mendukung pertukaran informasi yang positif.

Baca Juga  Mental Health: Antara Eksistensi Trend dan Kenyataan yang Terabaikan

Komunikasi antar manusia merupakan suatu bentuk interaksi dan pertukaran informasi yang terjadi antara individu atau kelompok yang mempunyai kedudukan dan status yang relatif sama dalam suatu lingkungan atau organisasi. Dalam konteks ini, komunikasi tidak hanya mencakup aspek verbal tetapi juga ekspresi nonverbal, seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan bahasa isyarat. Komunikasi antarsesama memungkinkan peserta untuk berbagi ide, pendapat, dan pengalaman tanpa hambatan hierarki yang signifikan, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih terbuka dan inklusif.

Keberhasilan komunikasi antar manusia sangat bergantung pada kemampuan individu atau kelompok untuk mendengarkan dengan empati, menghargai perbedaan, dan membangun hubungan yang saling menguntungkan. Proses ini sering kali mendorong kolaborasi, pemecahan masalah bersama, dan pengambilan keputusan partisipatif. Komunikasi antar manusia juga dapat meningkatkan kekompakan kelompok, membangun rasa saling percaya, dan menciptakan lingkungan kerja atau sosial yang lebih harmonis. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain merupakan aspek keterampilan komunikasi yang sangat berharga dalam konteks kehidupan yang berbeda.

Mari kita bangun komunikasi interpersonal yang positif melalui platform media sosial. Dengan memanfaatkan kekuatan teknologi, kita dapat menciptakan ruang yang inklusif dan mendukung di dunia maya. Mari kita berpartisipasi aktif dalam dialog, mendengarkan baik-baik dan menghormati perbedaan pendapat. Mari berbagi ide, informasi dan pengalaman secara konstruktif, menciptakan lingkungan online yang memperkaya pengetahuan dan mempererat persaudaraan. Dengan menjaga komunikasi positif di media sosial, kita dapat menjadi agen perubahan, mendorong pertumbuhan dan saling pengertian. Sebagai individu yang berkomitmen untuk membangun hubungan yang bermakna, mari gunakan media sosial sebagai alat untuk menginspirasi, mendukung, dan bersama-sama membangun dunia yang lebih baik.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *