Awasi dan Cegah Cyberbullying Pada Anak!

Cyberbullying Ilustrasi

JurnalPost.com – Kamal, Suoharjo (22/01/2024), Kasus Cyberbullying pada anak merupakan perilaku yang tertuju pada anak tanpa dikehendaki oleh seorang anak. Maraknya Cyberbullying pada anak menjadi isu yang diperbincangkan oleh masyarakat. Melihat fakta yang ada, pelaku Cyberbullying terhadap anak lebih banyak terjadi dari pihak terdekat korban, hal ini membuat pelaku mendapatkan rasa percaya dari anak untuk melakukan aksi tersebut.

Didasari oleh usaha mencegah kekerasan seksual pada anak, Nayoko Agung (22) sebagai salah satu peserta KKN (Kegiatan Kerja Nyata) Tim I Tahun 2024 Universitas Diponegoro melakukan kegiatan edukasi mengena Edukasi Konten Media Sosial sebagai salah satu pemicu tindak pidana Cyberbullying yang dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Januari 2024 pukul 09.00 di Balai Desa Kamal, Desa Kamal dan kegiatan ini berlangsung dengan pemaparan secara langsung dengan menggunakan infografis berupa poster agar lebih menarik serta pendengar memiliki gambaran yang lebih jelas.

Edukasi ini menjelaskan mengenai pengertian dari Cyberbullying itu sendiri, cara mencegah Cyberbullying pada anak, memberi pengatahuan bahwa cyberbullying dapat masuk kedalam tindak pidana yaitu penghinaan ringan. Selain itu, edukasi ini juga menjelaskan mengenai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Serta Penghinaan Ringan berdasarkan Pasal 315 KUHP.

Oleh: Nayoko Agung N, Universita Diponegoro

Quoted From Many Source

Baca Juga  Indonesia Meneguhkan Komitmen Global terhadap Hak Asasi Manusia di Forum PBB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *